Buku Tamu

Kamis, 19 November 2015

Perkembangan Media Sosial Di Indonesia



Perkembangan Media Sosial Di Indonesia



Media lama yang terdiri dari TV, radio, dan print adalah merupakan fase lama yang tidak menarik dan mulai beralih ke media baru, tetapi menurut saya, media lama pun tidak dapat ditinggalkan begitu saja, dikarenakan perkembangan teknologi juga membuat perangkat-perangkat yang digunakan semakin menarik, mis. TV LED Screen, Radio streaming, E-paper, jadi medium yang digunakan pun menyesuaikan dengan tema masa kini dan peralihan pun tidak semudah itu untuk Indonesia yang belum merata secara infrastruktur dan perekonomian. Istilah media baru, dimulai sejak munculnya era internet. Media baru adalah digitalisasi dari perkembangan teknologi dan sains, yang bersifat manual menjadi otomotis dan dari semua yang rumit menjadi ringkas dan bisa dikatakan teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung kedalam jaringan internet. Dennis Mcquail, menjelaskan definisi ciri media baru adalah interkonektivitas, akses thd khalayak individu, interktivitas, kegunakan beragam untuk segala karakter dan sifat yang berada dimana-mana. Media baru salah satunya adalah internet. Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang terhubung secara intensional dan beroperasi berdasarkan protocol yang disepakati bersama. Sejak adanya internet, dimulailah kehidupan diseluruh dunia dengan media sosial yang mengajak kita berkomunikasi tanpa batas, ruang dan waktu. Respon kali ini saya akan menjabarkan mengenai perkembangan media sosial di Indonesia.


Beberapa istilah yang kita kenal dalam media sosial yaitu Social Media, Social Network, SNS dan Communication Network. Secara garis besar social media dan social network menggunakan sistem yang sama yaitu media online yang terkoneksi internet dengan banyak orang tanpa batas geografis, ruang dan waktu dengan bertujuan untuk berkomunikasi berbagi sesuatu dan mengungkapkan pendapat secara online. Perbedaannya adalah terletak pada medianya. Social media adalah suatu media interaksi online yang meliputi blog, forum, aplikasi chatting sampai dengan social network (jejaring sosial), mis. Email, chatting, pesan singkat, dllnya. Social Network adalah sebuah jejaring yang memuat interaksi sosial & relasi hubungan interpersonal berupa web ataup aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain dengan cara saling bertukar informasi, komentar, pesan, gambar, dan video. Sedangkan SNS (Social Networking Sites) adalah lebih mengacu pada situs atau website yang digunakan, yaitu Facebook, Twitter, Path, Tumblr, Pinterest, Instagram, dsbnya. Kegiatan social media didukung oleh Communication network yaitu jaringan yang menghubungkan perangkat dua atau lebih komputer melakukan transfer data, instruksi dan informasi menggunakan jaringan nirkabel sehingga pengguna social media dapat saling terkoneksi dengan baik. Komunikasi teknologi yang telah kita gunakan selama ini adalah internet, web, e-mail, chatting, instant messaging, FTP, web folders, video conference, newsgroup, dsbnya.


Social Networking Sites adalah salah situs pendukung Computer Mediated Communication (CMC) untuk interaksi online. Teori CMC yang dikembangkan oleh Joseph B.Walther adalah proses komunikasi yang bersifat virtual (maya) dengan menggunakan data teks komputer tanpa tatap muka sehingga mengurangi arti dari hubungan interpersonal. Teori ini menjelaskan proses komunikasi dimediasi komputer yang melibatkan manusia untuk pertukaran informasi dengan menggunakan jaringan internet. CMC adalah kebiasaan menggunakan Internet, seperti mengirim e-mail, chatting, menjadi anggota mailing list, browsing, googling, dan sebagainya.


Andreas Kaplan & Michael Haelein mendefinisikan bahwa media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi menggunakan basis internet dan teknologi web.2.0 yang memungkinkan pertukarana dan penciptaan user-generated content. Ada 6 jenis media sosial yang dijelaskan oleh Kaplan & Haenlein, yaitu:


· PROYEK KOLABORASI yaitu sebuah website yang mengizinkan usernya mengubah, menambah, membuang konten-konten yang berada di website, contohnya Wikipedia.


· BLOG & MICROBLOG yaitu user bebas mengekpresikan sesuatu seperti curhat/kritik terhadap kebijakan pemerintah, contohnya Twitter.


· KONTEN yaitu user dan pengguna website untuk saling share konten, mis. video, gambar, suara, contohnya You Tube.


· SITUS JEJARING SOSIAL yaitu sebuah aplikasi yang mengizinkan user saling terhubung dengan orang lain dan berisikan informasi pribadi dan dapat dilihat orang lain, contohnya Facebook.


· VIRTUAL GAME WORLD yaitu dunia virtual yang menggunakan teknologi 3D, dimana user berbentuk avatar dan berinteraksi dengna orang lain, contohnya Games Online.


· VIRTUAL SOCIAL WORLD yaitu dunia virtual yang user merasa hidup di dunia maya dan berinteraksi dengna yang lain, contohnya Second Life.






Perkembangan media sosial di Indonesia semakin berkembang pesat sejak didukung infrastruktur baik dari perangkat, jaringan internet maupun teknologi. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di tahun 2012, 63 juta masyarakat Indoensai terhubung dengan Internet dan sebanyak 95 persen aktivitas akses dunia maya adalah membuka media sosial. Indonesia saat itu diramal akan menjadi pengguna media sosial paling aktif dan dari segi jumlah paling besar. Mengapa ini bisa terjadi, dikarenakan mobile internet yaitu web perangkat mobile dan harga smartphone semakin terjangkau buat semua kalangan.


Sejak diperkenalkan The Third Screen (layar ketiga) oleh Apple Corp. yaitu dengan kehadirian Iphone di tahun 2007 dan Ipad (kategori Phablet) di tahun 2010, semakin mempopulerkan istilah ini. The third screen adalah peranti yang digunakan oleh telepon selular yang memiliki perangkat komputasi portable. Phablet adalah gabungan fungsi telepon dan tablet yang merupakan telepon pintar yang memiliki ukuran lebih dari besar dari handphone yang berkisar 5 dan 8 inchi. Istilah ini merupakan bagian dari perkembangan dan kemajuan teknologi di bidang infrastruktur dan jaringan komunikasi, sehingga makin meningkatkan perkembangan media sosial di tanah air Indonesia. Dari usia tua, muda, remaja dan anak setidaknya memegang salah satu alat teknologi ini untuk keseharian mereka dan menjadi barang utama dan menemani keseharian.


Kini media sosial bukan hanya platform komunikasi dan bersosialisasi, tetapi juga digunakan ranah politik dan pemerintahan, yang terjadi sepanjang ranah media sosial di Indonesia sepanjang 2014, yaitu:


1. Orang Indonesia makin sosial

Terbukti jumlah pengguna facebook di Indonesia mencapai lebih dari 70 juta, Twitter mencapai 20 juta pengguna, Chatting Line mencapai 30 juta, dsbnya.


2. Apapun bisa jadi viral

Banyak hal yang unik dan kontroversial di media sosial, salah satunya adalah titip doa berbayar, unik seperti iklan mastin, dan kasus Florence sihombing yang menghina Jogjakarta hingga ke ranah hukum.


3. Makin marak petisi online

Orang Indonesia juga makin gemar membuat petisi online dengan kasus-kasus kontroversial yang bertujuan untuk menggalang massa, seperti “Revisi UU pelecehan seksual”, “Hentikan siaran TV YKS” hingga tuntutan “Pembubaran TV One”. Di ranah politik pun, Facebook juga meluncurkan pelacak pemilu yaitu “Facebook Suara Indonesia” yang bertujuan memantau kepopuleran calon Presiden berdasar jumlah mention yang di posting dan posisi geografis.


4. UU ITE masih bermasalah

Adanya peraturan yang dibuat tahun 2008 dalam bentuk perarturan tentang informasi dan transaksi elektronik, dimana memungkinkan menuntut orang yang membuat mereka terpojok dan memfitnah melalui media sosial. Sehingga harus berhati-hati dalam mengeluarkan kritikan terhadapa seseorang, contoh kasus Florence Sihombing. Banyak yang merasa masih memiliki celah, membingungkan, hukuman tidak sesuai, penegak hukum juga tidak sepenuhnya memahami peraturan tsb.


5. Dari berjualan hingga kontes

Orang Indonesia juga menggunakan dalam ajang penjualan produk, selain itu juga media sosial digunakan sebagai kontes. Pada ajang Indonesia Idol, Indonesia mencari bakat, menggunakan Twitter agar pengguna memberi vote melalui Twitter, dan ajang kontes bakat lainnya.


6. Masuki ranah politik

Media sosial memiliki peranan yang sangat penting pada saat pemilihan presiden tahun 2014. Platform Facebook, You Tube, Sound-Cloud, Twitter, dsbnya digunakan sebagai alat promosi untuk berkampanye. Grup Bakrie sampai membeli Path untuk menjaring pengguna untuk memilih Abul Rizal Bakrie sebagai Presiden dan juga partai Golkar. Menurut tim data Facebook, ada sekitar 200 juta perbicangan seputar pemilu Presiden di jejaring sosial yang meliputi posting dan komentar.


7. Media sosial besar buka kantor di Indonesia

Akibat potensi pasar pengguna media sosial di Indonesia yang saat menguntungkan untuk Facebook, Twitter dan Path hingga mereka mendirikan kantor di tanah air Indonesia.


Respon saya terhadap perkembangan media sosial adalah menolak, dikarenakan penjelasan yang mengatakan bahwa orang Indonesia menjadi sosial dan suka berkomunikasi. Menurut pandangan saya tidak seperti itu, tampak yang terlihat adalah semakin jauh dan tidak dekat dan menjadi menggampangkan dan ingin mengetahui kehidupan seseorang, biasanya kita sebut dengan kata “Kepo”. Dapat kita lihat disaat keluarga sedang makan bersama di restaurant, mereka tidak saling berbicara, tetapi sibuk dengan handphone masing-masing. Disaat acara lebaran, dimana banyak anak kecil, dahulu mereka langsung mengajak main dan berkomunikasi, tetapi sekarang tidak tertarik dan sibuk dengan perangkat phablet yang disediakan oleh orang tuanya. Disaat ada yang meninggal ataupun sakit, kita mengusahakan untuk datang, tetapi saat ini yang terlihat hanyalah turut berduka cita melalui kata-kata yang dirangkai seakan-akan mereka turut berduka cita. Lainkata, bila kita juga tidak menggunakan jaringan sosial, maka kita pun akan ketinggalan dengan teknologi yang berkembang dan bisa dikatakan kurang pergaulan. Hal yang serba salah, tetapi saya merasakan media sosial perlu tetapi harusnya pemerintah mengedukasi secara tepat dan bukannya membuka semua perangkat murah agar dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonsia, padahal dampak handphone murah juga tidak baik untuk kesehatan. Hal-hal seperti inilah yang tidak dipertimbangkan secara jangka panjang oleh pemerintah tetapi hanya memikirkan keuntungan ekonomi semata.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar